ALUMINIUM (Al)

Aluminium (Al) adalah unsur kimia golongan III A.

Kelimpahan Aluminium (Al)
Aluminium (Al) adalah unsur logam yang biasa dijumpai dlm kerak bumi yang terdapat dalam batuan seperti felspar dan mika. Umumnya juga dalam bentuk aluminium silikat dan campurannya dalam logam lain seperti natrium, kalium, furum, kalsium & magnesium.
Jenis Senyawa Aluminium (Al)

Beberapa senyawa aluminium di alam terdapat dalam bentuk silikat (Al2Si2O5(OH)4), bauksit (Al2O3.nH2O), kriolit (Na3AlF6), veldspath (KAlSi3O8) dan pada beberapa jenis batu permata seperti sapphire (campuran Al2O3 dengan besi dan titan).
Isolasi & Produksi Aluminium (Al)

Aluminium (Al) dibuat dalam skala yang sangat besar dari bauksit (Al2O3.nH2O). proses pembuatan Aluminium (Al) dalam industry dikenal dengan proses hall yang terdiri dari 2 tahapan proses yaitu tahap pemurnian bauksit yang memanfaatkan sifat amfoter dari aluminium oksida dan tahap elektrolisis untuk memperoleh Aluminium (Al) murni yang kemudian melalui proses lebioh lanjut aluminium dibuat dalam bentuk tertentu.

Kegunaan Aluminium (Al)
Digunakan dalam konstruksi pesawat, mobil, dan mesin-mesin lannya.
Karena sifatnya yang mudah menghantarkan panas dengan tahan karat, Aluminium (Al) banyak digunakan untuk membuat alat-alat masak
Digunakan dalam bidang arsitektur dan ornamen-ornamen rumah.